Awal 2019, Gerbong Mutasi Bergulir di Solok


SOLOKMONITOR.COM, - Hari kerja pertama di tahun 2019 diwarnai dengan pelantikan sejumlah pejabat dilingkungan Pemerintah Kota Solok. Tercatat sebanyak 63 ASN menempati posisi baru baik sebagai pejabat administrator, pejabat pengawas. Walikota Walikota Reinier melantik langsung para pejabat tersebut, bertempat di Lobby lantai II Sekretariat Daerah, Jumat (4/1).

Wawako didampingi oleh Sekretaris Daerah Rusdianto, Asisten I Bidang Pemerintahan Nova Elvino dan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manuasia (BKPSDM) Hendaukhtri. Pelantikan juga turut dihadiri oleh seluruh Kepala OPD dan undangan lainnya. Dari 63 orang tersebut, sebanyak 28 merupakan Pejabat Administrator dan 35 Pejabat Pengawas yang dilantik.

Wakil Walikota Solok Reinier yang bertindak sebagai pengambil sumpah. Dalam sambutan selepas pelantikan, mengucapkan selamat kepada para ASN yang dilantik. Dikatakan, promosi, rotasi bahkan demosi merupakan sesuatu yang wajar dalam tubuh birokrasi pemerintahan. Promosi dan mutasi merupakan hal yang biasa dalam sistem birokrasi dan kepegawaian, hal tersebut sangat dibutuhkan dalam menjaga kesinambungan birokrasi dan pengembangan karir pegawai.

Proses pelatihan dan mutasi jajaran pejabat di setiap instasi pemerintah juga merupakan bagian dari kehidupan dan kebutuhan organisasi dalam rangka meningkatkan kapasitas karir pegawai agar lebih belajar disana tugas tugas pemerintahan dan dalam pelayanan. “Bagi yang mendapat promosi, ini menjadi tantangan tersendiri untuk terus meningkatkan kinerja, jagalah kepercayaan yang telah diberikan pimpinan, sementara bagi yang rotasi anggaplah ini sebagai penyegaran dan tambahan pengalaman ditempat yang baru, semoga kinerja kedepan bisa lebih baik,” ujar Reinier.

Lebih lanjut Reinier mangatakan PNS dituntut agar tetap menjujung loyalitas dimana mereka ditugaskan. Kepada pejabat yang terpilih untuk dapat mempelajari aturan-aturan terkait jabatan yang di emban, membekali diri dan meningkatkan pemahaman terhadap tupoksi serta visi misi organisasi dan menjaga sumpah jabatan yang telah diucapkan yang disaksikan oleh Allah SWT, serta jadilah ASN yang berkualitas, profesional dan bertanggungjawab untuk mewujudkan opsesi masyarakat terhadap pemerintahan yang demokratis, bersih dan berwibawa.

Reinier mengajak seluruh ASN yang baru dilantik untuk segera menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja yang baru. Apalagi dengan diterapkannya sistem penilaian kinerja berbasis teknologi atau IT, maka proses adaptasi harus lebih cepat. ”Saya minta, bapak ibu agar segera memahami tupoksi baru masing masing. Pelajari DPA ditempat yang baru secepat mungkin, agar pelaksanaan pekerjaan juga bisa segera berjalan sebagaimana mestinya. Sekali lagi saya ucapkan selamat bekerja, semoga sukses,” jelas Reinier.

Reinier mengharapkan pejabat terpilih untuk dapat meningkatkan koordinasi antar perangkat daerah, meningkatkan pembinaan disiplin secara berjenjang kepada bawahan dengan mengacu aturan yang berlaku, meningkatkan kinerja dan menjauhkan diri dari hal-hal yang merugikan diri sendri dan Pemerintah Daerah. Acara pelantikan tersebut di akhiri dengan pemberian ucapan selamat dari Wakil Walikota Solok, Sekretaris Daerah, Asisten Bidang Pememrintahan, Kepala BKPSDM, Kepala Perangkat Daerah serta seluruh undangan yang hadir kepada Pejabat Administrator dan Pengawas yang dilantik.(Red)