BPN Serahkan Sertifikat PTSL


SOLOKMONITOR.COM, - Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Solok menyerahkan Sertifikat Tanah Untuk Rakyat dan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Eksternal Kantor Pertanahan Kota Solok, di Gedung Kubung 13, Rabu (9/1). Penyerahan sertifikat Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) Tahun 2018 ini merupakan bagian dari Nawacita Presiden RI Joko Widodo. PTSL sendiri adalah penyempurnaan dari Prona (Proyek Nasional Agraria). 

Penyerahan Sertipikat Tanah untuk Rakyat ini, turut dihadiri oleh Sekdako Solok Rusdianto, Kakanwil BPN Sumatera Barat,Ketua DPRD Kota Solok Yutris Can, Asisten Bidang Pemerintahan Nova Elfino, Unsur Forkopimda, LKAAM, Bundo Kandung dan Masyarakat.

Kepala Badan Pertanahan Kota Solok, Nur Hamidah mengatakan pada tahun 2018 ada 8 Instansi Pemerintah Kota Solok telah memasukan surat untuk pensertifikatan tanah dan telah diselesaikan. Pihaknya juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat Kota Solok yang telah mensukseskan PTSL ini. "Kita sudah melakukan pendaftaraan 4.727 bidang tanah dan telah disertipikatkan 50 bidang," Kata Kepala BPN Kota Solok.

Sementara Sekda Kota Solok Rusdianto mengatakan bahwa masyarakat yang mempunyai bidang tanah berhak mendapatkan sertifikat kepemilikan hak atas tanahnya. Sekdajuga menghimbau kepada masyarakat untuk ikut mensukseskan program PTSL dan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Eksternal dilingkup BPN.

"Belum adanya jaminan kepastian hukum atas tanah seringkali memicu terjadinya sengketa dan perseteruan atas lahan di berbagai wilayah di Indonesia. Selain di kalangan masyarakat, baik antar keluarga, tak jarang sengketa lahan juga terjadi antar pemangku kepentingan. Hal itu membuktikan pentingnya sertifikat tanah sebagai tanda bukti hukum atas tanah yang dimiliki," jelas Rusdianto.

Sekda mengungkapkan bahwa lambannya proses pembuatan sertifikat tanah selama ini menjadi pokok perhatian pemerintah. Untuk menanggulangi permasalahan tersebut, pemerintah melalui Kementerian ATR/BPN telah meluncurkan Program Prioritas Nasional berupa Percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). "Masyarakat yang belum mendapatkan hak kepemilikannya agar segara mengurus. Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Eksternal ini bertujuan agar kita terhindar dari kasus dugaan korupsi," ungkap Sekdako.(Red)

0 Response to "BPN Serahkan Sertifikat PTSL"

Post a Comment