Piala Adipura Diarak Keliling Kota, Petugas Kebersihan Dapat Bonus 500 Ribu



SOLOKMONITOR.COM, - Kota Solok mendapatkan penghargaan Adipura kategori kota kecil tahun ini, membuat warga dan pasukan kuning bergembira. Kegembiraan nampak ketika ratusan petugas kebersihan menunggu kedatangan Piala Adipura di halaman Balaikota Solok. Wakil Walikota Solok Reinier dan para petugas kebersihan pun mengarak piala Adipura berkeliling Kota Solok.

Sukacita menyambut Adipura tak hanya dirasakan Wakil Walikota, euforia Adipura turut dirasakan pasukan kuning (satuan tugas kebersihan), para pengawal sejati Adipura yang merupakan ujung tombak, berjibaku di lapangan membersihkan Kota Solok dari sampah. Mereka tiap hari mengumpulkan sampah dari rumah-rumah warga, restoran, rumah sakit, gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, dan fasilitas publik lainnya. Sejak pagi hingga malam, pasukan kebersihan yang berjumlah kurang lebih 210 orang memulai rutinitasnya.

Kerja keras mereka tak sia-sia, pada tahun ini, Kota Solok meraih Adipura. Sebelumnya pada tahun 2012 Kota Solok meraih Adipura, dan pada 2017 meraih sertifikat Adipura. Bekerja sebagai satgas kebersihan telah mereka lakukan selama bertahaun tahun. Mereka berharap Adipura kembali diraih Kota Solok tahun depan.

Wakil Walikota Solok Reinier mengatakan Adipura yang diraih Kota Solok, merupakan buah kerja keras seluruh entitas masyarakat. Ia menargetkan Kota Solok dapat kembali meraih Adipura ditahun-tahun mendatang. Reinier meminta seluruh elemen masyarakat dan dinas terkait terutama lingkungan hidup, Satpol PP dan lainnya untuk saling bersinergi mempertahankan perolehan piala Adipura.

Penghargaan Adipura ini, Lanjut Reinier diterima langsung oleh Wali Kota Solok Zul Elfian dari Wakil Presiden RI Jusuf Kalla dalam acara Penganugerahan Adipura dan Green Leadership Kepala Daerah dan Pimpinan DPRD di Auditorium Dr. Soedjarwo Gedung Manggala Wanabakti Kementerian LHK, Senin (14/1) kemarin. "Pemerintah Kota mengucapkan terima kasih atas dukungan masyarakat, semua pihak dan tentunya para pahlawan kebersihan, pasukan kuning, sehingga Adipura bisa diraih," ujarnya.

Pemerintah Kota Solok akan melakukan perbaikan-perbaikan dan pembinaan terkait pengelolaan sampah di Kota Solok. "Apa yang kita peroleh ini menjadi penyemangat untuk lebih giat lagi," katanya. Selain mengadakan arak-arakan piala Adipura ke keliling kota, Pemko Kota Solok juga memberikan bonus kepada petugas kebersihan Kota Solok. Bonus berupa uang tunai sebesar Rp 500 ribu masing-masing petugas. “Ada 210 tenaga kebersihan yang mendapatkan bonus, masing-masing Rp 500 ribu. Petugas kebersihan ini, selama ini telah mensukseskan Kota Solok menjadi kota yang bersih,”kata Reinier.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Solok, Sukardi mengatakan, penilaian Adipura ini dilaksanakan di 29 lokasi pemantauan. Secara keseluruhan, lokasi pemantauan mewakili 13 kriteria lokasi yang ada pada program adipura. Sukardi menyebutkan lokasi-lokasi pemantauan tersebut terdiri dari, perumahan, pasar tradisional, perkantoran, kawasan pertokoaan, sekolah, jalan dan Tempat Pemrosesan akhir (TPA). "Adanya perbedaan penilaian seperti kewajiban seluruh daerah peserta Adipura untuk membuat suatu kebijakan dan strategi daerah dalam pengelolaan sampah rumah tangga atau dikenal Jakstrada," katanya.(Red)

0 Response to "Piala Adipura Diarak Keliling Kota, Petugas Kebersihan Dapat Bonus 500 Ribu"

Post a Comment