Melangar Perda, Pol PP Amankan 14 Pramusaji Kafe


SOLOKMONITOR.COM, - Sebanyak 14 pekerja kafe, diamankan petugas gabungan yang dikomandoi Satpol PP Kota Solok, Senin (12/2) sekitar pukul 23.00. Mereka diamankan saat sedang melayani pelanggan di beberapa tempat hiburan di Kota Solok.

Mereka diamankan dari dua kafe yaitu Cindai dan GM yang berlokasi di jalan Bypass, tepatnya didekat Terminal Bareh Solok. Mereka diamankan karena melanggar Peraturan Daerah tentang Penyakit Masyarakat No.8 tahun 2016.

Kasatpol PP Kota Solok Ori Affilo mengatakan 14 pramusaji yang diamankan ternyata mayoritas bukan warga Kota Solok, identitas KTP mereka mayoritas berasal dari Curug, Indramayu, Padang dan daerah-daerah lainya.

Ada sejumlah hal yang dilanggar kafe-kafe tersebut, yakni dinding kafe yang bersekat, menyediakan minuman beralkohol, menyediakan pramusaji yang mendampingi tamu dan lampu penerangan dibawah 60 Watt. 

Pihak Pol PP menyita sekitar dua kardus, berisi 6 botol miras, sedangkan pelayan kafe yang diamankan dibuatkan perjanjian jika tertangkap lagi akan dikirim ke panti rehabilitasi Andam Dewi.

"Padahal kedua kafe tersebut memiliki izin, tetapi tidak menjalankan aturan sesuai ketetapan pemerintah,"kata Ori.

Petugas setempat telah lebih dari dua kali melakukan pengawasan sebelum memeriksa, dan mengamankan wanita tersebut. Selain kedua kafe itu juga masih banyak kafe-kafe lainya yang belum memenuhi syarat jam operasional.

"Kami tegaskan akan menertibkan dan mencabut izin beroperasi jika masih dilakukan, selain itu juga banyak laporan warga yang resah karena keberadaan kafe dengan musik yang keras,"kata Ori.

Walikota Solok Zul Elfian mengatakan Pemerintah tidak melarang penyediaan tempat hiburan kafe atau karaoke asalkan disesuaikan dengan aturan yang ada, kondisi daerah dan tidak adanya unsur maksiat. Jika masih ada yang melanggar maka izin akan dicabut dan usahanya ditutup.

"Kalau masih ada yang melanggar akan kami cabut izin operasinya, jika bisa memenuhi aturan dan tidak melewati jam malam maka urus izin kembali,"kata Zul Elfian.(Red)