Musrenbang di Dua Kecamatan Digelar, Walikota Mengajak Seluruh Pihak Bersiap Menghadapi Visit Solok 2020


SOLOKMONITOR.COM, - Walikota Solok Zul Elfian membuka pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan Lubuk Sikarah, bertempat di aula Gedung Kubuang Tigo Baleh, Rabu (13/2). Dalam arahannya menyampaikan bahwa musrenbang merupakan tahapan penyusunan rencana kerja pemerintah daerah tahun 2020 yang telah dimulai dari Pra Musrenbang dan Musrenbang ditingkat kelurahan. 

"Hari ini kita laksanakan kegiatan yang telah menjadi agenda rutin tahunan, sebagai wujud perencanaan yang dimulai dari bawah (bottom up planning). Walaupun demikian sangat diharapkan keseriusan kita semua, untuk dapat menghasilkan usulan yang memperhatikan skala prioritas, karena mempertimbangkan kemampuan keuangan daerah," kata Zul Elfian.

Walikota mengatakan pada tahun 2020 masih ada program strategis daerah yang cukup besar menyedot anggaran, diantaranya Rumah Sakit Umum Daerah Kota Solok, Stadion Sepak Bola. Walaupun demikian Walikota berharap kepada seluruh OPD untuk terus berupaya berjuang menarik dana dari Pemerintah Pusat. 

"Kita sadar keuangan daerah terbatas, jika semua program strategis dibebankan semua pada APBD tentu butuh waktu itu, oleh itu kami bersama DPRD akan tetap berupaya mendapatkan dana dari pemerintah pusat. Untuk itu seluruh OPD harus gencar berjuang," tegas Walikota. 

Dalam kesempatan itu Wako mengajak seluruh masyarakat mendukung penuh upaya Pemerintah Kota Solok menjadikan Kota Solok Kota Beras Serambi Madinah yang diberkahi Allah SWT. Walikota ingin kota ini kota yang diberkahi Allah SWT, masyarakatnya beriman dan bertaqwa, jauh dari maksiat dan penyakit masyarakat. 

"Saya bersyukur ketika ada masyarakat kita yang marah ketika ada yang mengatakan kota ini ada kegiatan maksiat. Walau kita tahu itu sebuah konsekuesi yang kita terima sebagai sebuah kota perlintasan. Untuk itu saya mengajak kita semua Mari bersama kita jaga kota kita ini dan dukung kami untuk membersihkannya dari seluruh maksiat, semoga kota beras serambi madinah dapat kita wujudkan," katanya.

Senada dengan penyampaian Walikota, Ketua DPRD Yutriscan, dalam sambutannya menyampaikan bahwa tahun 2020 akan difokuskan untuk penyelesaian program strategis kota diantaranya RSUD dan Stadion. Walaupun demikian Tutorial Dan berpesan kepada seluruh peserta untuk tidak melupakan program kegiatan yang pro ekonomi kerakyatan.

Sementara itu pada Musrenbang Kecamatan Tanjung Harapan, yang digelar di Kantor Kecamatan Tanjung Harapan, Senin (18/2). Walikota mengatakan hal senada, ia juga berpesan bahwa pasar Solok harus bersih pada tahun kunjungan 2020.

Kota Solok juga butuh kantor untuk OPD Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar) dan OPD Perumahan dan Pemukiman yang masih menumpang di gedung sewaan.

"Persoalan dana kami akan mengusahakan ke pusat, berbagai pihak swasta agar bisa melanjutkan berbagai pembangunan di Kota Solok. Pembangunan Sungai Batang Lembang telah mendapat Rp10 miliar dari pusat,"kata Zul Elfian.

Sementara Camat Tanjung Harapan, Zulkarnaini menyebutkan jika Kelurahan Kampung Jawa menjadi kelurahan pangan terbaik di Indonesia. Musrenbang harus memprioritaskan pembangunan ekonomi. "Musrebang saat ini sudah mengumpulkan 306 usulan dari berbagai kelurahan di Kecamatan Tanjung Harapan," ujarnya.

Sementara Wakil Ketua DPRD Kota Solok, Yefri Irman Adang mengatakan melalui forum musrenbang ini masyarakat yang lebih tahu mana yang harus didahulukan, mana yang ditinggalkan. Pembangunan harus tepat sasaran agar Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah, berkualitas sesuai yang diharapkan masyarakat. "Anggaran Rp13 miliar untuk MTQ yang sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk pembangunan bermacam bidang harus dirasakan dampaknya oleh masyarakat," katanya.(Red)

0 Response to "Musrenbang di Dua Kecamatan Digelar, Walikota Mengajak Seluruh Pihak Bersiap Menghadapi Visit Solok 2020"

Post a Comment