Walikota Ajak Guru dan Orang Tua Bimbing Anak Dengan Ilmu Agama


SOLOKMONITOR.COM, - Walikota Solok Zul Elfian mengajak guru dan orang tua membimbing anak dengan ilmu agama ketika berada dilingkungan rumah dan sekolah. Salah satunya melalui magrib mengaji dan subuh berjamaah. 

"Matikan Televisi dan media komunikasi dan isi waktu antara magrib dan isya dengan mengaji, murothal ataupun kegiatan ibadah lainnya," kata Walikota Solok ketika menjadi pembina upacara di SMA 3 Kota Solok, Senin (11/2).

Dikatakan Zul Elfian, Salah satu yang harus jadi perhatian orang tua saat ini adalah penggunaan smartphone atau telpon pintar bagi anak. Sebab, apa yang dilihat dan didengar anak dari smartphone bisa mempengaruhi perilaku anak.

Harus ada pengawasan yang ketat dari orang tua terhadap penggunaan telpon pintar. Anak mesti dilindungi dari konten-konten yang bisa merusak mental dan mempengaruhi perilaku anak, terutama pornografi dan lainnya.

Namun, dibalik berbagai resiko itu, tidak dipungkiri anak juga harus diperkenalkan dengan kemajuan teknologi sehingga anak tidak gagap teknologi. Kemajuan teknologi ada manfaat dan juga ada mudaratnya, tergantung dari orang yang memanfaatkan. 

"Bimbingan dan pengawasan orang tua sangat diperlukan, jangan anak dibiarkan lepas kontrol. Sisihkan waktu kita untuk mendidik anak, tidak hanya diserahkan pada sekolah formal maupun informal semata," pesan Zul Elfian.

Zul Elfian juga meminta sekolah dan masyarakat mendukung program magrib mengaji dan subuh berjamaah. dan membudayakan kebiasaan agama setiap berkegiatan di sekolah. Peran semua pihak mendukung program keagamaan akan mendukung terwujudnya generasi yang religius, disampingnya memiliki pengajuan dan keterampilan umum untuk menjalani kehidupan kedepannya.

Apalagi mengingat semakin maraknya generasi muda yang terjebak dalam kenakalan remaja hingga jeratan narkoba, pendampingan secara agama sangat dibutuhkan untuk membentengi anak dari ancaman semacam itu.

"Adalah tugas kita bersama melindungi anak-anak dari ancaman yang bisa merusak moral dan masa depan, siapkan generasi penerus yang lebih baik untuk kemajuan daerah dan negara kedepannya," tutup Zul Elfian.(Red)