Kepala DPMPTSP Kota Solok Tinjau Pelayanan Perizinan


SOLOKMONITOR.COM, - Kepala DPMPTSP (Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu) Kota Solok, Erlinda bersama Tim Perizinan, Tim Teknis Pengawasan Perizinan dan Tim Pengkajian dan Pengendalian Penertiban Perizinan Kota Solok, melakukan serangkaian kegiatan terkait layanan perizinan, Rabu (27/2).

Kepala OPD turun langsung, memastikan survey/peninjauan lapangan terhadap bangunan baru yang terletak di jalan Pandan Ujung Kota Solok. Kedatangan Tim ini yang terdiri dari beberapa OPD teknis, yakni Dinas Perhubungan, Dinas Satpol. PP dan Damkar, Dinas Pariwisata dan unsur Ketenagakerjaan di DPMPTSP, telah ditunggu Syarifudin, yang notabene adalah pemilik bangunan.

Menurut Syarifudin bangunan berlantai 4, dengan luas lantai 3.872 M2 itu nantinya akan difungsikan sebagai hotel, dengan nama Hotel Anggrek, yang dalam tahap finishing, dengan fasilitas kamar 84 unit. Terlihat saat ini pekerjaan sudah mencapai 95 persen. Diterangkannya bahwa sedang menunggu pemasangan 1 unit lift, pengisian sarana kamar dan finishing bangunan secara umum. 

Direncanakan peresmian hotel akan dilaksanakan pada bulan Juni 2019 mendatang. Dalam kesempatan ini, masing-masing OPD teknis menyampaikan hal-hal yang harus dilengkapi oleh pemilik bangunan, sebelum hotel dioperasionalkan. Kepala DPMPTSP Erlinda meminta agar sedapat mungkin pihak manajemen hotel memanfaatkan tenaga kerja dari daerah Kota Solok. Karena dalam program DPMPTSP ada kegiatan memagangkan pencari kerja ke hotel Grand Asrilia di Bandung, tentunya tenaga itu telah memiliki keterampilan dalam bidang perhotelan.

Disamping itu, unsur ketenagakerjaan juga akan memfasilitasi dalam hal rekrutmen pekerja yang dibutuhkan oleh pihak perusahaan, karena banyak database pencari kerja yang terdaftar dan siap untuk ditempatkan. Semua keputusan hasil rekrutmen tetap berada di tangan pihak perusahaan, kecuali perusahaan melibatkan ketenagakerjaan dalam proses itu.

Terkait peninjauan lapangan, Erlinda mengatakan bahwa hal ini dilakukan sebagai bentuk pelaksanaan fungsi pemerintah daerah, dalam memberikan layanan dalam bidang perizinan dan sekaligus memastikan semua sarana pendukung yang sesuai aturan dilengkapi terlebih dahulu, karena ini adalah merupakan bangunan yang setiap saat akan dipakai oleh publik. 

Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan IMB (Izin Mendirikan Bangunan) terhadap 2 (dua) pengembang rumah bersubsidi di Kota Solok, yang diantarkan langsung ke Kantor Pengembang, yakni PT. Cipta Karya Mandiri beralamat di Kelurahan Kampung Jawa dan PT. Fandeis Almadina Properti beralamat di jalan By Pass Kelurahan KTK. Pelaksanaan penyerahan izin ini, merupakan realisasi dari inovasi DPMPTSP Kota Solok, yakni antar-jemput izin ke alamat dengan mobil layanan keliling. 

"Kedepan DPMPTSP akan selalu melakukan perobahan dan penertiban dalam berbagai hal, seperti penertiban media reklame, izin-izin usaha dan inovasi dalam menarik investor di Kota Solok,"kata Erlinda.(Red)