Pemko Serap Aspirasi Petani


SOLOKMONITOR.COM, - Pemko Solok melalui Dinas Pertanian menyerap aspirasi petani, dalam rangka menyempurnakan program-program pertanian, dalam kegiatan pertemuan dengan segenap kelompok tani se-Kota Solok, Selasa (5/3) di Aula SMPN 5.

Melalui kegiatan bertajuk forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Dinas Pertanian Kota Solok berupaya merumuskan dan menyempurnakan rencana kerja dan program tahun 2020 mendatang.

"Nanti akan dipilah dan dipilih, mana kegiatan pertanian yang akan didanai melalui APBD kota Solok, yang akan diusulkan ke Provinsi maupun melalui APBN," kata Kepala Dinas Pertanian, Ikhvan Marosa.

Proses tersebut merupakan implementasi UU nomor 2 tahun 2005 tentang Prosedur Perencanan Pembangunan Partisipatif, UU no 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Serta Peraturan Walikota Solok nomor 31 tahun 2013 tentang perubahan Peraturan Walikota Solok nomor 13 tahun 2005 tentang petunjuk teknis perencanaan pembangunan partisipatif dan peraturan lainnya.

Sementara Wakil Walikota Solok, Reinier mengatakan sektor pertanian merupakan salah satu fokus Pemko untuk menciptakan lapangan pekerjaan, yang berdampak pada menurunnya angka kemiskinan, melalui kesejahteraan para petani, dengan program-program yang berpihak kepada para petani. Serta dalam rangka menyokong perekonomian daerah dan masyarakat.

"Banyak sekali peluang yang dapat dimanfaatkan dalam pengembangan bisnis pertanian, seperti sistem Mina padi dan agrowisata, yang merupakan nilai tambah, bagi penghasilan petani," jelas Reinier.

Reinier mengatakan meski berstatus kota, lahan tidur yang dimiliki Kota Solok, jika digarap secara maksimal dapat meningkatkan nilai produksi. Oleh sebab itu melalui berbagai kelompok tani, Pemko akan mendorong secara maksimal penggarapan lahan tidur.

Forum OPD Dinas Pertanian Kota Solok diharapkan mampu menerjemahkan harapan dan kebutuhan langsung dari akarnya. Untuk pengembangan pertanian kota Solok dan ditransformasikan dalam bentuk program-program nyata.

"Kita harus bergerak bersama, Pemerintah daerah pastinya akan mengakomodir, seluruh aspirasi petani dan masyarakat, demi terwujudnya peningkatan ekonomi," tegas Reinier.(Red)

0 Response to "Pemko Serap Aspirasi Petani"

Post a Comment