Pol PP Kota Solok Jaring 29 PPGOT


SOLOKMONITOR.COM, - Tim gabungan Satpol PP kota Solok dan Polres Solok Kota melakukan razia Pengemis, Pengamen, Gelandangan Orang Gila dan Telantar (PPGOT) di kawasan Pasar Raya Solok, Jum'at (1/3). Sebanyak 29 orang berhasil dijaring oleh petugas, yang merupakan pengemis, pengamen dan anak jalanan (Anjal) yang kerap beroperasi di kawasan pasar raya Solok.

Bukan perkara mudah mengamankan mereka, bahkan petugas gabungan sempat kewalahan sebab saat hendak ditertibkan, mereka mencoba kabur menghindari kejaran petugas yang diturunkan sebanyak 30 orang. Banyak diantara mereka berupaya kabur dan menolak diamankan oleh petugas. Mereka berdalih hanya mencari makan bukan mencuri.

Plt Kepala Dinas Satpol-PP dan Damkar kota Solok, Ori Affilo mengatakan, Nyaris seluruhnya merupakan warga luar kota Solok, ada diantara mereka yang mangkal di beberapa tempat dan adapula yang berkeliling.

Terhadap mereka yang sudah terjaring razia petugas, dikirim tim gabungan ke dinas sosial kota Solok untuk dilakukan pendataan dan pembinaan mental.

Beberapa diantara mereka ada yang sudah dijemput pihak keluarga, ada yang diantar oleh petugas dinas sosial, sementara mereka yang jauh petugas memberikan ongkos untuk bekal pulang.

Untuk sementara, Kota Solok belum memiliki panti pembinaan terhadap gepeng yang terjaring razia. Diharapkan, pemerintah kota Solok menyediakan sarana pembinaan sehingga mereka yang terjaring bisa dibina dan dibekali keterampilan.(Red)