Tim Kesenian Kota Solok Tampil di Bangkok


SOLOKMONITOR.COM, - Tim Kesenian daerah yang berjuluk Kota Beras Serambi Madinah dipercaya mewakili Sumatera Barat pada event Diplomatic Red Cross Bazar di Bangkok, Thailand. Tim kesenian kota Solok bakal menampilkan sejumlah seni tradisi daerah dalam gelar karya ekonomi kreatif di Royal Paragon Hall dan mengikuti Workshop di salah satu perguruan tinggi di Bangkok.

Menurut Kepala dinas pariwisata kota Solok, Elvy Basri, rombongan kesenian kota Solok yang berjumlah sembilan orang itu akan berada di Bangkok selama tiga hari dari 1-3 Maret 2019."Tim kesenian kota Solok dipercaya sebagai salah satu perwakilan Sumbar dan Indonesia untuk penampilan seni tari dan tradisi daerah," sebut Elvy Basri, Rabu (27/2), saat pelepasan Tim kesenian di Balai Kota Solok.

Tim kesenian kota Solok telah menyiapkan lima seni tari yang akan ditampilkan. Mulai dari tari Indang, Pasambahan, tari Piriang, tari Payuang dan tari suka ria. Tim kesenian kota Solok dipercaya mewakili Sumbar bersama tim kesenian dari Padang Panjang dan Bukit Tinggi. Keberangkatan wakil provinsi itu dibiayai  oleh pemerintah Provinsi Sumatera Barat.

Pihaknya berpesan, meskipun mewakili provinsi Sumbar dan Negara, tim kesenian kota Solok tetap harus menjaga diri dan menjunjung nilai-nilai budaya dan tradisi daerah yang baik. "Jaga nama baik daerah, Provinsi dan Negara dengan menunjukkan budaya daerah dengan nilai-nilai budi yang luhur, yang sudah menjadi jati diri kita sebagai masyarakat Minang," sebutnya.

Sementara, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Jefrizal mengatakan keberhasilan dalam menjadi wakil Sumbar merupakan buah kerja keras dalam mempertahankan seni tradisi. Manfaatkan kesempatan langka ini untuk sekaligus mempromosikan budaya, daerah dan keanekaragaman kesenian di kota Solok kepada dunia.

Dengan gencarnya promosi, akan sangat mendukung dalam upaya menarik kunjungan wisatawan ke kota Solok yang memang tengah gencar dilakukan pemerintah daerah melalui program Visit Kota Solok 2020. Sebelumnya, pada Agustus 2018, Tim Kesenian sanggar Lubuek Nan Tigo kota Solok juga dipercaya sebagai wakil Sumbar dalam Festival Indonesia ke-3 di Moskow, Rusia.(Red)