Walikota Solok Serahkan LKPD 2018 ke BPK


SOLOKMONITOR.COM, - Walikota Solok Zul Elfian, menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kota Solok Tahun 2018, bertempat di Ruang Kepala Kantor BPK Perwakilan Provinsi Sumatera Barat, Jumat (1/3). LKPD Kota Solok tersebut diterima langsung oleh Kepala BPK Perwakilan Provinsi Sumatera Barat Pemut Aryo Wibowo. 

Penyerahan LKPD Kota Solok Tahun 2018 merupakan kota yang tercepat kedua di Provinsi Sumatera Barat, setelah Kota Payakumbuh yang juga menyerahkan di hari yang sama.

Kepala BPK Perwakilan Provinsi Sumatera Barat Pemut Aryo Wibowo, mengucapkan terimakasih kepada Walikota Solok yang telah hadir langsung menyerahkan LKPD Pemko Solok. "Audit LKPD akan dimulai minggu depan, semoga semuanya berjalan lancar dan Kota Solok kembali meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian," kata Pemut.

Pemut Aryo Wibowo juga mengatakan, BPK Perwakilan Sumatera Barat juga akan diperiksa oleh BPK dari negara lain, yakni diantaranya dari BPK Negara Estonia, dan BPK Negara Polandia. Tim tersebut rencananya akan konfirmasi langsung hasil audit dengan stakeholder terkait. 

"Kami merencanakan yang akan diambil sebagai sampel adalah mengenai Dana BOS yang ada di Kota Solok. Untuk itu, diminta kesediaan Walikota Solok dan stakeholder terkait dalam menyambut kedatangan tim tersebut," sebutnya.

Adapun LKPD yang diserahkan oleh Walikota Solok ialah dokumen yang berisi Laporan Realisasi Anggaran, Laporan Perubahan Saldo Anggaran Lebih, Neraca, Laporan Operasional, Laporan Arus Kas, Laporan Perubahan Ekuitas, Catatan Atas Laporan Keuangan, Pernyataan Tanggung Jawab Kepala Daerah Atas LKPD, Hasil Review LKPD oleh Inspektorat, Laporan Keuangan Perusahaan Daerah (PDAM dan LP2EM) Tahun 2018, serta Rancangan Peraturan Daerah tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kota Solok Tahun Anggaran 2018.

Selanjutnya, penjabaran pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kota Solok Tahun Anggaran 2018 beserta Rancangan Peraturan Walikota tentang penjabaran pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kota Solok Tahun 2018, serta Laporan Ikhtisar Kinerja Tahun Anggaran 2018.

Sementara Walikota Solok Zul Elfian mengatakan bahwa Pemko terus berupaya bekerja maksimal untuk menyajikan laporan keuangan daerah sebagaimana yang telah diamanatkan konstitusi.

"Harapan kami kepada BPK untuk senantiasa bersedia melakukan pendampingan, pembinaan, menyangkut tata cara pengelolaan dan penyusunan laporan keuangan," kata Walikota yang didampingi Inspektur Kota Solok Irawadi, Kepala Badan Keuangan Daerah Kota Solok Novirna Hendayani, Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Solok Nurzal Gustim.

Dijelaskan Zul Elfian pihaknya ingin memenuhi rasa kepatuhan, yakni tercapainya pengelolaan keuangan daerah yang tertib, dan taat pada aturan perundang-undangan, efisien, efektif, transparan dan bertanggung jawab.

Walikota menjelaskan pihaknya juga menekankan kepada OPD terkait untuk terus berkonsultasi maupun berkoordinasi dengan BPK, terutama terkait pengelolaan keuangan daerah.

"Kita berharap, dengan sering konsultasi dan mendapat pendampingan, mampu memperkecil kesalahan dalam pengelolaan keuangan, sehingga dalam upaya penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan daerah dapat tepat sasaran dan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat," jelas Wako.

Pemerintah Kota Solok telah bekerja keras dalam menyajikan laporan keuangan dengan capaian standar yang tinggi. Hal ini mempertegas komitmen Pemko Solok menwujudkan tata kelola pemerintahan yang profesional dalam mengelola keuangan daerah, dengan standar akuntasi, kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap undang-undang, dan efektivitas sistem pengendalian intern.

LKPD ini merupakan bentuk pertanggungjawaban Pemko Solok kepada masyarakat yang harus dilaporkan Pemerintah Daerah atas penggunaan dana kedalam bentuk laporan yang telah disusun dengan baik dan sistematik.

Walikota juga mengapresiasi kinerja seluruh jajaran Pemko Solok yang telah bekerja semaksimal mungkin, pihaknya juga akan terus komit dengan kriteria yang ada dalam penilaian untuk pelaporan keuangan.

Zul Elfian juga mengapresiasi seluruh jajaran Pemko Solok, sehingga penyampaian LKPD tahun 2018, Kota Solok menjadi Kota tercepat kedua di Sumatera Barat. Selain itu Walikota  berpesan kepada seluruh OPD dan jajarannya untuk lebih inovatif dan bergerak maksimal dalam pelaksanaan tugasnya.

Seluruh aparatur dan tim yang telah berkerja keras, kerja ikhlas dan bekerja cerdas dalam penyelesaian dokumen, dalam penyerahan dokumen. Serta aturan hukum yang berlaku dan akuntabel, memang tidak mudah karena standar akuntansi yang ada dan menjadi pedoman semakin berat.

Seluruh proses tersebut tidaklah mudah, namun tekad untuk meraih opini WTP menjadi pendorong bagi seluruh aparatur pemerintah dalam mengelola dan memanfaatkan keuangan daerah, termasuk dalam pengelolaan aset daerah. “Ini adalah keinginan bersama, apalagi Pemko Solok juga masih terus berupaya menerapkan sistem pemerintahan yang bersih serta melayani masyarakat secara maksimal,”kata Zul Elfian.(Red)

0 Response to "Walikota Solok Serahkan LKPD 2018 ke BPK"

Post a Comment