Bundo Kanduang Kota Solok Gelar Pelatihan Membuat Dulamak


SOLOKMONITOR.COM, - Untuk melestarikan nilai budaya dan adat Kota Solok, Bundo Kanduang Kota Solok menggelar pelatihan membuat Dulamak. Kegiatan itu dibuka langsung oleh Wakil Walikota Solok Reinier, bertempat di Rumah Gadang Simpang Denpal, Kamis (28/3).

Turut hadir, Kepala Dinas Pariwisata Kota Solok Elvi Basri, Ketua Bundo Kanduang Kota Solok Sitta Novembra, OPD terkait serta puluhan Bundo Kanduang Kota Solok.

Ketua Bundo Kanduang Kota Solok Sitta Novembra mengatakan kegiatan pelatihan ini diikuti oleh Bundo Kanduang kelurahan dan kecamatan, dengan total jumlah 50 orang. Kegiatan berlangsung dua hari, Kamis 28 Maret dan Jumat 29 Maret 2019.

Pelatihan ini didasari untuk  melestarikan nilai budaya dan adat Kota Solok, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Bundo Kanduang membuat dulamak yang merupakan budaya Minangkabau, serta meningkatkan sinergitas Pemko Solok dengan Bundo Kanduang Kota Solok.

"Kami dari Bundo Kanduang Kota Solok mengucapkan terimakasih kepada Pemko Solok yang telah memberikan dukungan serta fasilitas kepada Bundo Kanduang saat melakukan berbagai pelatihan," katanya.

Sementara itu, Wawako Solok Reinier mengatakan, Pemko Solok akan selalu mendukung kegiatan Bundo Kanduang yang bersifat membangun. Diharapkan, segala bentuk aktifitas yang dilakukan bundo kanduang, nanti akan terus menyebar ke aktifitas-aktifitas lainnya.

Untuk itu, diharapkan Bundo Kanduang ikuti pelatihan dengan baik. Sehingga setelah pelatihan ini, bundo bisa membuat dulamak dengan baik. Selanjutnya, diharapkan inovasi dari Bundo Kanduang, sehingga budaya yang mulai tertinggal selama ini akan bisa kita gerakkan lagi. "Budaya yang pernah tertinggal atau terlupakan oleh kita, agar kita jemput dan gerakkan lagi. Budaya itulah yang nantinya akan kita wariskan kepada anak kemenakan Kota Solok," jelas Wawako.(Red)